Snorkling, Pengalaman Sederhana Menyadarkan Diri Pentingnya Menjaga Keberlangsungan Hidup Ekosistem Laut


Salam Gili Trawangan, Untuk Aku, kamu, Dan Kita semuanya. Siang ini, kami sedang berada di atas kapal dalam perjalanan menyusuri keindahan bawah laut Gili Trawangan.

Gili Trawangan sendiri merupakan pulau terbesar diantara 3 pulau kecil lainya yaitu Gili Air dan Gili Meno yang berlokasi di barat laut Lombok. 

Keindahan pasir laut dan terumbu karangnya, berhasil mengantarkan pulau ini dikenal di Indonesia dan Luar negeri.

Dengan tarif cukup terjangkau 120.000 hingga 150.000 per orang, termasuk makan siang dan ada juga yang tidak, aktivitas snorkling bisa dilakukan pada pukul 09:00 dan 12:30WITA.
  
Berangkat dari Gili Trawangan bersama-sama menggunakan public boat lumayan besar. Dalam perjalanan, kita dapat menikmati keindahan alam bawah laut menggunakan kaca bawah kapal

Tidak butuh waktu yang lama.
Sampailah kita pada titik snorkling.
Pasang kacamata, dan pelampung dulu! 



Karena baru pertama kali, berenang di laut ternyata berasa menguras tenaga banyak. Terdapat arus air laut yang mendorong kita setelah meloncat dari kapal, jika kita hanya berdiam dan tidak berenang, maka teromabang-ambinglah kita dilautan dan seakan ditinggal kapal.

Bagi kalian yang sedang menikmati snorkling di Gili, wajib sekali untuk menyelam di Gili Meno. Perairan yang berada di tengah-tengah Gili Air dan Gili Trawangan ini unik sekali karena adanya 48 patung berbentuk manusia di bawah laut. 

For Your Information, patung-patung dibawah laut tersebut dibuat oleh Jason deCayres Taylor, seorang pematung terkenal dari Inggris. Dengan tujuan mengembangbiakkan terumbu karang, pematung yang karyanya sudah mendunia itu berharap peratung yang dibuat dengan posisi melingkar tersebut dapat menjadi rumah bagi hewan-hewan laut untuk bertahan hidup. Selain terdapat patung, Jika beruntung, siapa dari kalian akan bertemu dengan penyu-penyu penghuni Gili. 

Setelah beberapa jam mengapung di atas laut, capai juga ya ternyata. 

Karena kita membeli tiket yang sudah termasuk dengan makan siang. Kita akan diajak untuk mampir dulu di Gili Air, makan siang dulu dong. 

Lalu, Setelah waktu makan cukup kita akan diantar pulang ke Gili trawangan. 

Menikmati keindahan laut bawah tanah Lombok tentunya menjadi pengalaman berharga bagi kami.

Selain mengajak kita untuk menikmati jutaan ekosistem laut. Hal seperti ini tentunya menjadi pelajaran berharga kita untuk mulai menjaga lingkungan yang tidak mengancam keberlangsungan hidup mereka. 

Tonton Videonya

Salam.

Comments