Pada rentan waktu yang jauh disana. Barangkali Street Art adalah satu-satunya media yang cukup extreme.
Merekalah para pejuang saat hendak turun di jalan mencoret tembok-tembok, mengabarkan berita baik kepada masyarakat bahwasanya Indonesia sudah mendeklarasikan kemerdekaanya.
Di era yang berbeda pula, street art dewasa ini mampu menjadi salah satu ruang untuk mengekspresikan kegelisahan atas problematika masyarakat dan pemerintah.
Lalu, pada ruang yang lain street art berkembang menjadi salah satu media bereksperimen memperkenalkan karakter visual setiap pelakunya kepada publik.
Hingga, disisi lain street art berkembang menjadi salah satu wilayah branding berkonsep kolaborasi.
Seperti Apa?
Seperti Apa?
Didorong strategi marketing hari ini yang semakin kreatif dan nekat. Kita bisa melihat, bagaimana shopee mengajak Cristiano Ronaldo, salah satu pemain bola yang seabad ini melanjutkan para pemain sukses pendahulunya.
Keterlibatan Ronaldo adalah satu dari sekian juta strategi nekat yang masih kuat untuk diamini berhasil meski tanpa memperdulikan berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan dalam project tersebut.
Keterlibatan Ronaldo adalah satu dari sekian juta strategi nekat yang masih kuat untuk diamini berhasil meski tanpa memperdulikan berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan dalam project tersebut.
Melawan arus utama pasar branding yang melibatkan publik figur dengan memanfaatkan fans dan para pengikut di akun sosial medianya memang sedang menjadi trend utama strategi branding cepat dan instan.
Diluar arus utama, manifesto ‘kolaborasi lintas disiplin' menjadi salah satu alternatif baru hari-hari ini untuk sebuah brand besar memasarkan produk dan jasanya.
Salah satunya, branding yang melibatkan para pelaku kreatif baik perupa, pemusik, atau penari sekaligus.
Lihat saja, Filosofi Kopi melibatkan ‘Farid Stevy’ sebagai kolaborator dalam projectnya.
Lihat saja, Filosofi Kopi melibatkan ‘Farid Stevy’ sebagai kolaborator dalam projectnya.
Brand makanan wafer ‘Tango’ yang berkolaborasi dengan visual artist yang hobi mendubbing video sekelas ‘Flux Cup’.
Najwa Shihab dengan kolaborasinya yang melibatkan ilustrator, video editor, penulis, dan pelaku-pelaku lintas bidang lainnya yang mengantarkan Narasi TV sukses menjadi bagian dari jurnalistik populer Indonesia hari ini.
Yang termegah, Nadiem Makarim, Pendiri Gojek yang baru saja dilantik menjadi Menteri pendidikan setelah keberhasilannya mengembangkan aplikasi 'Gojek' berbasis kolaborator.
Beberapa bulan lalu, kolaborasi saya dengan AXIS Indonesia membuat ‘House of Axis’, sebuah konter di daerah Pinggiran Salatiga melalui Street Art.
Comments